Modifikasi dan Membuat sendiri cdi unlimiter untuk honda CB dan Gl



Modifikasi dan Membuat sendiri cdi unlimiter untuk honda CB dan Gl

Beberapa hari ini saya galau…pengen pasang cdi ac atau dc…spul proneotek yg dc+cdi saya sudah punya….cuma aki dan kiprok blm ada….sedang jika pasang yg ac saya punya spul tiger…tapi cdi blm punya….iseng2 search google cari cdi yg murah…eh.malah nemu rangkaian cdi grand yg katanya un limiter….benarkah unlimiter???

gambar skema cdi astrea grand yang telah ditulis beberapa blogger

Jika dilihat dari scr yang dipake yaitu tipe 2P4M kok gak yakin nih cdi unlimiter…karna scr tipe ini bekerja pada frekuensi dimana sistem akan non aktif di rpm 12000. Lumayan lah dari pada rpm mesin dicut pada rpm 8ribu seperti halnya mesin2 baru sekarang ini….

Nah…tentu bisa dong dimodif biar rpm tidak nyangsang di rpm 12ribu….misal ditambah sehingga menjadi 14ribu rpm….hehehe….

jeroan cdi astrea grand ori yang telah dibongkar

Simpel kan isinya….itu original astrea grand yang katanya unlimiter lho ya…bagi beberapa yang usil biasanya SCR diganti dengan seri lain seperti halnya BT 151. dengan penggantian scr maka limit rpm sudah tentu bergeser..jadilah serasa pakai cdi racing!! tapi sayang cdi grand ini cdi basic yang tidak dilengkapi thermistor…sehingga ketika suhu komponen berubah maka waktu picu/timing dari pengapian akan bergeser…tapi kalo cuma buat dicantolin ke mesin cb jahat sudah cukup mumpuni…nyatanya selama ini pemakai cb dengan cdi grand minim keluhan…iya tho… woke besok kalo ada waktu saya akan praktek bikin cdi ac yang jozz gandos yang tentunya lebih woke performanya daripada CDI standar…

1 komentar: