Shock depan bunyi jedak jeduk, ini solusinya

shock depan berbunyi jeduk..jeduk kalo melewati jalan keriting atau malah bunyi jedok…kalo lewat jalan berlubang atau polisi tidur cukup mengganggu. kalo masalah ini terjadi pada motor yang lama sih gak masalah…mungkin sudah saatnya di apkir dan minta ganti. kalo hal tersebut terjadi pada motor baru atau motor relatif masih dalam katagori layak pakai gimana ya??
shock setelah dipreteli
shock setelah dipreteli
cek saja panjang per antara yang kiri dan kanan…normalnya per sebelah kiri dan kanan punya panjang yang sama. tapi karna setiap hari dipake maka per shock yang kanan biasanya lebih pendek  karna sering menerima beban pengereman. wajar lah jika sudah dipake 4 atau 5tahun per shock jadi lemes…. dengan mengganti per yang sudah lemes maka kinerja shock akan kembali normal.
setelah per diganti rakit kembali susunan shock seperti semula. lalu berapa cc olinya?? jika anda beli oli shock merk showa disana dicantumkan volume oli untuk tiap tabung shock. oh iya…setiap motor punya ukuran berbeda…kalo saya hafalnya ya ukuran buat tiger yang 133cc dan gl yang 157 cc dan untuk grand/supra yang volume oli shocknya 60an cc pertabung. yang lain saya kurang hapal. Nah jika kepepet oli shock ini bisa diganti dengan oli power steering mobil. beli 10ribu dapat banyak …kenapa oli power steering…karna sistem kerja power steering mirip dengan shock…biar redaman mantap bisa tambahkan 5cc oli gardan  pada tiap tabung…biar reboundnya lembut.
Mungkin ini sedikit sharing kali ini….semoga bisa bermanfaat…meskipun dalam kondisi kepepet banget saya sering menuangkan oli samping motor buat oli shock…tapi kalo punya duit ya segera diganti ya bro

0 komentar: