CDI SUPRA SEDERHANA
Agustus 10, 2017
0
komentar
Jurnal ilmiah kali ini paman zak akan membahas bagaimana membuat CDI tipe ac, lebih khusus lagi sebuah metode membuat cdi ac standar high performance standar original khususnya untuk motor varian Honda.circuit cdi ac ini sangat mudah dibuat dan anggaran untuk mebuatnya sangat ekonomis tidak lebih dari Rp.15 ribu anda akan berkreasi dalam membuat cdi ac. CDI ini sudah diuji coba selama 720 jam setara dengan perjalanan Tangerang-Denpasar Bali 30 kali pp, CDI ini sangat cocok untuk motor Honda Legenda,
Honda Grand, Honda supra fit dan Motor varian Honda lainnnya yang masih menggunakan CDI tipe AC. hasil uji sangat memuaskan semua pihak dan kawan-kawannya ; akselerasi motor semakin gesit rpm rendah maupun tinggi Contoh circuit bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
Honda Grand, Honda supra fit dan Motor varian Honda lainnnya yang masih menggunakan CDI tipe AC. hasil uji sangat memuaskan semua pihak dan kawan-kawannya ; akselerasi motor semakin gesit rpm rendah maupun tinggi Contoh circuit bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
CDI Motor Tipe AC Buatan Rumah |
Sejarah CDI
Capacitor Dischage Ignition lebih familiar dengan sebutan CDI, adalah teknologi abad 18/19 pertama kali diciptakan ditemukan oleh ilmuan besar dan termasur bernama Nikola Tesla berkebangsaan Amerika (USA) yang dikutip dari http://en.wikipedia.org/wiki/Capacitor_discharge_ignition
The history of the capacitor discharge ignition system can be traced back to the 1890s when it is believed that Nikola Tesla was the first to propose such an ignition system. InU.S. patent #609250 first filed February 17, 1897, Tesla writes 'Any suitable moving portion of the apparatus is caused to mechanically control the charging of a condenser and its discharge through a circuit in inductive relation to a secondary circuit leading to the terminals between which the discharge is to occur, so that at the desired intervals the condenser may be discharged through its circuit and induce in the other circuit a current of high potential which produces the desired discharge.'
Terjemahan by Google :
Sejarah sistem pengapian debit kapasitor dapat ditelusuri kembali ke tahun 1890-an ketika diyakini bahwa Nikola Tesla adalah yang pertama untuk mengusulkan suatu sistem pengapian. Dalam paten US # 609250 pertama kali diajukan 17 Februari 1897, Tesla menulis'Setiap bagian bergerak sesuai aparatur disebabkan untuk mekanis mengontrol pengisian kondensor dan debit melalui sirkuit sehubungan induktif ke sirkuit sekunder yang mengarah ke terminal antara yang debit adalah untuk terjadi, sehingga pada interval yang diinginkan kondensor dapat dibuang melalui sirkuit dan mendorong di sirkuit lainnya arus potensi tinggi yang menghasilkan debit yang diinginkan. "
Untuk yang ingin mengenal Nikola Tesla bisa konek disini http://en.wikipedia.org/wiki/Nikola_Tesla
Cara Kerja CDI
Cara kerja cdi bisa dilihat pada gambar dibawah ini muatan listrik langsung menuju kapasitor, power muatan listrik ini dihasilkan dari stator motor khusus tipe cdi AC atau sebuah inverter CDI Tipe DC voltage maksimum untuk mengecas capacitor maksimum 300 volt khusus penggunaan dibidang aplikasi automotive. Sedangkan pada gerak gambar dibawahnya dibawahnya yang lebih kecil adalah muatan listrik dari stator pickup/pulser berfungsi memberikan signal kepada SCR agar aktive melalui saluran gate scr berfungsi untuk cut out memotong pengisian capacitor, pada saat cut maka capacitor membuang energinya ke coil pengapian maka tercipta ribuan volt, dimana percikan api inilah yang akan membakar uap bensin diruang pembakaran mesin. Mantap ! coba lihat api yang dihasilkan dari sebuah CDI. Di sini :
Langkah-Langkah Pasti Membuat CDI Motor Tipe AC
Daftar Komponen dan Anggaran
Uraian
|
Jumlah
item
|
@Rp
|
Total
Rp
|
C1=1 Uf 250 s/d 400 Volt
|
1
|
4000
|
4000
|
C2=10 Uf 50volt
|
1
|
500
|
500
|
R1= 470 Ohm R2= 10K R3=2K2
|
3
|
100
|
300
|
PCB Rp 2000/4
|
500
| ||
Kabel
|
0,5meter
|
2000
|
1000
|
Timah solder
|
0,5meter
|
2000
|
1000
|
Kenektor CDI
|
1
|
2000
|
2000
|
SCR = 2P4M
|
4000
| ||
Diode 1N4007
|
4
|
250
|
1000
|
Jumlah dibulatkan
|
15000
|
Protes bayar Rp.10.000,-
Langkah-Langkah Pasti Membuat CDI Motor Tipe AC
Posisi Stndard PIN CDI AC |
HIjau Masa, biru Pulser, Hitam-kuning Ke coil, Merah Dari Generator, Hitam-putih Kill switch |
Capasitor 1uf 250 Volt dan SCR 2P4M terhubung |
SCR 2P4M Aplikasi CDI |
Diode 1amper, SCR dan Capacitor |
CDI sudah Selesai di rakit Siap Digunakan Sampai Rambut Memutih |
CDI dan BOX Untuk melindungi Komponen elektronik |
Project CDI Motor di Cor Pakai Resin
Untuk melindungi komponen elektronik CDI dari gangguan cuaca yang ektrim karena akan membuat karat / korosi komponen elektronik, dimana tujuan akhirnya agar cdi dapat digunakan sampai satu abad, maka perlu diambil langkah preventif untuk melindungi CDI, berikut langkah-langkah pasti mengecor cdi motor memakai resin :
Drijen adalah Resin dan Katalis Botol Kecil untuk cor CDI |
Katalis, Resin dan Talk |
Resin, talk dan katalis diaduk jadi satu |
CDI sudah dicor pakai resin menunggu kering |
CDI selesai dibuat Siap di Exspor ke Manca Negara |
0 komentar: