Membuat Flasher Yuk !!!

Berapa harga sebuah flasher atau lampu sign ? Terakhir saya membelinya adalah Rp. 10.000,00 , tidak terlalu mahal, tapi yang mengecewakan adalah kualitasnya.
Begini, pada setiap flasher ada keterangan pin / kaki-kakinya plus spesifikasi lampu yang digunakan. Biasanya tertulis 4 x 10 Watt, itu artinya flasher tersebut dapat digunakan untuk menyalakan 2 buah lampu masing-masing 10 Watt (untuk lampu sein <sign bro!> depan belakang) secara bergantian dengan sepasang lagi (kiri atau kanan). Nah, pada saat digunakan ternyata daya lampu tidak terakomodasi dengan memuaskan, bila diberi lampu 10 Watt 2 biji hasilnya flasher tidak kuat, berbau hangus, cepat rusak, atau lampu berkedip tidak teratur.
Ini masalah !!!
Karena itulah saya mencari rangkaian flasher yang murah dan terpenting : handal !!!
Ini dia rangkaiannya :


Rangkaian yang sangat sederhana, ini komponen yang kita butuhkan :

Sebuah resistor 180 ohm Rp. 50,00
Sebuah kapasitor 4700 uF Rp. 1250,00
Sebuah relay Rp. 1000,00
Totalnya tidak sampai Rp 2500,00 ajah !!!
Cara kerjanya juga sangat sederhana !!! Baca ya, supaya paham....

Saat supply diberikan kapasitor akan terisi sehingga tegangan di antara kaki-kakinya menjadi 12 Volt (sesuai tegangan supply), hal ini menyebabkan relay "on" dan 'common' terhubung ke 'normally open', akibatnya lampu menyala. Padahal dengan terhubungnya 'common' dan 'normally open' artinya terjadi rangkaian tertutup antara kapasitor dan resistor, akibatnya energi dalam kapasitor terbuang oleh resistor dan turunlah tegangan kapasitor sehingga relay kembali "off" dan lampu pun padam, itu juga berarti rangkaian kapasitor dan resistor terbuka kembali sehingga kapasitor terisi kembali dan relay "on" lagi, demikian seterusnya sehingga efek yang terlihat adalah seolah-olah lampu berkedip-kedip. Kecepatan kedip dapat diatur dengan mengubah nilai kapasitor dan resistor. Prinsipnya, makin besar kapasitor dan resistor, makin lama interval berkedipnya. Tapi tidak sebarang nilai kapasitor dan resistor dapat dipakai (maksudnya digunakan kapasitor kecil <supaya semakin murah> dan resistor besar <harga resistor sama semua>) , yang kedipannya standar dan paling oke ya itu ajah ....


Ini gambar komponennya


Ini jadinya


Lihat video hasilnya :
Ini untuk aplikasi lampu 5 Watt

Ini untuk aplikasi lampu 10 Watt

Ini untuk aplikasi lampu 55 Watt

Kesimpulannya rangkaian yang kita buat ini tidak dipengaruhi oleh daya lampu, asalkan tegangan lampu sama dengan tegangan relay dan tegangan sumbernya. Jadi jika sumbernya 6 Volt, semua komponen tinggal diganti yang versi 6 Volt juga, mudah bukan ???

Problem yang mungkin muncul :
  • Pada relay terdapat kontak yang konon sering aus, apalagi bila dilewati arus besar ??? Mudah !!! Bila anda membeli relay yang transparan akan terlihat susunan kontak-kontaknya, nah bukalah cover transparan itu kemudian teteskan minyak (terserah apa ajah, pokoknya minyak) pada kontak-kontak tersebut, dijamin kontak-kontak relay akan awet.
Semoga berguna, selamat mencoba !!!!

0 komentar: